Rabu, 22 Desember 2010

TROUBLESHOOTING

BELAJAR TROUBLESHOOTING
Komputer sudah merupakan alat bantu yang tergolong penting saat ini, kita ambil salah satu contoh pada kegiatan perkantoran, tentunya dengan adanya komputer maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Sebagai pengguna atau pemakai komputer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan komputer. Hal tersebut dapat diakibatkan adanya ketidaksesuaian dari komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya berkaitan dengan Software (perangkat lunak atau aplikasinya), Hardware (perangkat keras) atau Brainware (sipemakai komputer).Karena di zaman yang serba modern ini adalah tidak berlebihan jika mengatakan bahwa komputer merupakan alat bantu manusia yang paling cepat dan akurat. Tetapi bagaimana pun juga seperti halnya mesin yang lain,komputer juga dapat mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya.Masalah yang ditimbulkan oleh komputer kadang kala merupakanmasalah kecil yang tidak memerlukan tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai komputer. Untuk menyelesaikan hal itu, mungkin bisa diselesaikan oleh seorang yang mempunyai pengetahuan sangat dasar tentang komputer. Tetapi terkadang masalah-msalah tersebut juga membutuhkan tingkat kemampuan yang tinggi tentang komputer dan komponen-komponennya sehingga memerlukan seorang teknisi khusus untuk perbaikannya.
Pengertian Troubleshooting Komputer Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Pada kesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer Anda terutama yang berhubungan dengan Hardware. Untuk permasalahan dengan Software sebaiknya Anda lakukan pendeteksian sederhana dahulu seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan Software atau spesifikasi permintaan (requirement) dari Software. Apabila permasalahannya cukup rumit, sebaiknya Anda install ulang saja Software tersebut, karena akan terlalu rumit untuk memperbaiki sebuah Software.
Tugas utama seorang teknisi PC ialah mengenali komponen yang gagal berfungsi. “Troubleshooter” menggunakan segala peralatan yang diperlukan serta kemampuan berpikir manusia, untuk mencari dan memperbaiki komponen yang gagal berfungsi tersebut.

KATAGORI PEMERIKSAAN KOMPUTER
Berikut merupakan kesimpulan tentang katagori pemeriksaan computer yang merupakan bentuk-bentuk penelusuran terhadap kesalahan yang terjadi.

Kategori Pemeriksaan Visual.
Pemeriksaan visual merupakan tahap awal pemeriksaan yaitu
pemeriksaan beberapa masalah yang dapat ditangkap dengan mudah melalui
pandangan mata atau apnca indra kita. Pemeriksaan ini misalnya:
1. Pemeriksaan sambungan-sambungan kabel, seperti kabel poer atau kabel data.
    Apakah  terdapat kabel yang lepas atau tidak tersambung dengan benar.
2. Pemeriksaan “jumper” seperti jumper motherboard, harddisk atau CDROM, apakah   
    konfigurasinya sudah betul?
3. Pemeriksaan pemasangan kartu-kartu seperti kartu grafis, kartu audio dan sebagainya.
4. Pemeriksaan PCB- apakah ada yang bengkok, jalur putus, atau “burnout”, apakah ada  
    cip yang terbakar dan sebagainya.

Kategori Pemeriksaan Bunyi
Pemeriksaan bunyi merupakan pemeriksaan komponen dengan mendengarkan bunyi-bunyi yang dapat memberikan arti sendiri akan kondisi komputer. Sebagai contoh adalah:
- Bunyi mekanikal boleh didengar dari putaran disk, putaran kipas dan lain-lain. Apakah
    bunyi komponen-komponen tersebut normal seperti biasa?
- Pendeteksianbunyi beep yang muncuk ketika  POST BUNYI beep yang ditimbulkan
   BIOS untuk memberikan arti tertentu.
Kategori Pemeriksaan Kondisi
Pemeriksaan ini memerlukan interaksi yang lebih khusus seperti
misalnya menyentuh cip untuk merasakan suhunya. CPU yang mempunyai
panas berlebihan, tentunya akan menimbulkan masalah. Jika CPU memiliki
chip yang besar seperti EPROM, mestinya memiliki suhu yang hangat saja.
Sedangkan chip yang kecil tidak panas langsung. Chip keramik lebih panas
daripada yang dibuat dari plastik. Jika terlalu sejuk ini mungkin
menunjukkan cip tersebut mati atau tidak ada arus yang sampai kepadanya.
Kategori Pemeriksaan Isyarat
Ini adalah cara terakhir jika semua langkah yang dilakukan tidak
mampu mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Pemeriksaan ini lebih
complicated, memerlukam peralatan khusus, dokumen dan gambar system
serta pengetahuan yang mendalam mengenai system juga elektronik. Jika
anda belum berpengalaman dikategori ini, jangan ragu-ragu untuk
berkonsultasi dengan orang yang anda anggap lebih berpengalaman.
TIPS BEKERJA DENGAN KOMPUTER
1. Jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi yang ahli di
bidangnya.
2. Jika todak diprlukan, jangan mengkoneksikan listrik ke komputer saat
casing masih terbuka.
3. Jaga kebersihan tempat anda bekerja.
4. Gunakan Sinar lampu yang baik saat bekerja
5. Pakailah sandal saat bekerja dengan komputer
6. Siapkan sapu tagan untuk untuk mengelap keringat
7. Siapkan tempat untuk sekerup dan baut serta beri tanda sekerup-sekerup
tersebut
8. Jangan melakukan pemaksaan terhadap komponen yang susah dipasang
9. berikan ground pada komputer
10.simpan komponen – komponen yang dilepas pada tempat uang tepat
11.Lakukan pencatatan terhadap setiap perubahan yang terjadi pada
komputer anda
Peralatan yang diperlukan pada saat melakukan throubleshooting
1. Tang
2. Obeng ( - dan + )
3. Digital multitester
4. Pinset
5. Gelang anti statis
Dokumen serta perogram pendukung yang perlu dipersiapkan
1. Buku manual
· Buku manual CPU
· Buku manual motherboard
· Buku data transistor
· Buku manual printer dll
2. Gambar – gambar skema komponen
3. CD Driver
· Driver motherboard
· Driver VGA card
· Driver printer
· Driver scanner dll
4. Program – program installer toll
· Disk manager
· Anti virus
· PC tolls dll
PERTOLONGAN PERTAMA PADA KOMPUTER (P3K)
1. Komputer tidak mau hidup
· Cek koneksi kabel. Apakah kabel power sudah terpasang.
· Pastikan kabel power tidak putus.
· Cek stabilizernya, rusak atau tidak.
· Pastikan power suply tidak bermasalah dengan cara mengganti
kabel power.
2. Komputer mau hidup tapi tidak mau booting
Dalam hal ini kita mendeteksi kerusakan dengan cara mendengarkan bunyi
atau beep yang dikeluarkan oleh PC. Berikut daftar beep pada PC yang
menggunakan bios AWARD
· Beep 1 kali berarti kondisi PC baik
· Beep 1 kali panjang berarti problem pada memory
· Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek berarti problem pada bagian
VGA card
· Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek berarti problem pada bagian
DRAM Parity

Cukup sekian dan terimakasih semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu temen-temen semua dalam melakukan Troubleshooting pada PC anda selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar